Jenis Teks Tanggapan Deskriptif Dan Contohnya

Teks deskriptif dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis berdasarkan objek yang dideskripsikan.

Objek yang dideskripsikan biasanya adalah:

  1. Orang
  2. Benda
  3. Tempat
  4. Watak
  5. Suasana

Contoh-Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Di bawah ini merupakan contoh teks tanggapan deskriptif dari berbagai jenis. 


1. Teks Deskripsi Orang

Di bawah pohon itu, seorang wanita sedang berdiri. Pakaian terlihat sangat mewah. Begitu juga handphone yang ditentengnya. 

Sesekali ia melihat ke jam tangan yang berwarna keemasan. Ia berdiri dengan sangat gelisah. Sepertinya ia sedang menunggu seseorang. 

Jelas, ia bukan wanita kampung ini. Caranya berdandan menunjukan bahwa ia baru saja tiba dari kota. Dan mungkin ia sedang menunggu seseorang yang akan menjemputnya.


2. Teks Deskripsi Benda

Sebuah Masjid berdiri sangat megah di tengah-tengah perumahan itu. Dindingnya dicat dengan warna hijau. Sedangkan terasnya disusun dari keramik yang terlihat mahal.

Al Yusuf adalah nama masjid itu. Sebuah masjid yang baru saja selesai dibangun. Lebarnya 9 x 9 m. Tingginya kira-kira 8 m. 

Di samping kanan menjulang sebuah menara. Di sanalah speaker terpasang. Dan ketika adzan dikumandangkan, speaker tersebut akan memanggil insan-insan yang beriman agar menunaikan shalat. 

Bunga-bunga yang mengelilinginya mengesankan suasana yang asri. Bunga melati, mawar, dan beberapa bunga yang belum dikenal namanya tumbuh dengan sangat indah. Seindah hati orang-orang yang menunaikan shalat di sana. 

3. Teks Deskripsi Tempat

Angin berhembus tiada henti. Menerpa sebuah gubuk reot di dekat pantai itu. Gubuk itu terletak tidak jauh dari bibir pantai. 

Para nelayan biasanya duduk untuk beristirahat. Tapi itu dulu ketika Pak Gimin masih berjualan di sana. 

Tidak jauh dari gubuk itu, bersandar perahu-perahu nelayan; bergoyang-goyang dipermainkan gelombang. 

Gubuk itu masih tetap berdiri meskipun cuaca telah membuatnya hampir tak berdaya. Mungkin tak lama lagi ia akan roboh seandainya ada angin besar menyerbunya. 


4. Teks Deskripsi Watak

Kinan meluruskan letak kacamatanya. Tapi segera setelah itu melorot lagi. Desain hidungnya yang minimalis tak mengizinkan kaca mata menempati tempatnya dengan semestinya. 

Lalu dengan suara yang riang ia bertanya segala hal kepada anaknya yang baru datang dari Jakarta. Ia terus saja berbicara seolah-olah tidak mengharapkan jawaban. 

Ia memang terkenal sebagai "speaker on" di keluarganya. Ia bisa membicarakan berbagai hal sembari melakukan apa saja: memasak, menyapu, mengepel, menyiram bunga, menulis, mendengarkan radio, menonton... 

Tapi semua anggota keluarga sangat menyayanginya. Kinan adalah seorang perempuan yang sangat murah hati. Seolah-olah ia memberikan kehidupannya demi kebahagiaan orang lain. 

Ia tak segan-segan memberi bantuan meskipun ia sendiri sedang dilanda kesulitan. Pengorbanannya itu telah membeli kasih sayang orang lain.

Ketika ia sakit, meskipun hanya pusing kepala, maka banyak orang yang menjenguknya. Mereka akan membawakan apel, jeruk, agar-agar, dan apa saja yang menjadi kesukaan Kinan.

Lalu mereka akan mendengarkan ocehan Kinan bahwa dirinya tidak sakit. Ia hanya butuh istirahat saja. 

5. Teks Deskripsi Suasana

Hujan belum lagi reda. Tetesannya jatuh dengan sangat damai. Aku melihatnya bagaikan kaki-kaki anak kecil yang sedang menari di pelataran. 

Dari balik jendela kelasku, hujan itu seolah mengajakku untuk menari. Suaranya begitu renyai, Amat tentram. 

Tiba-tiba sebuah rasa sepi menyergapku. Aku takut sekali kehilangan momen sedamai ini. Kelas, sekolah, bunga, hujan, dan rasa ini begitu indah. 

Suatu hari aku akan mengenang peristiwa ini sebagai salah satu peristiwa terbaik dalam masa remajaku. 

***

Itulah beberapa contoh teks deskriptif. Semuanya berjumlah 5 jenis. Seluruh jenis di atas termasuk teks deskriptif tulisan. 



Related Posts

Previous
Next Post »